Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renang Gaya Bebas: Pengertian, Sejarah, Teknik, Atlet Terbaik

Olahraga adalah suatu aktivitas yang sangat bermanfaat agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh tidak mudah terserang penyakit. Saat ini olahraga air seperti berenang sangat diminati para anak-anak sampai dewasa.

Alasan olahraga ini banyak diminati karena mempunyai banyak manfaatnya seperti membakar kalori tubuh, mengatasi gangguan tidur, mengendalikan stress berlebihan dll. Bagi anak-anak sampai remaja, biasanya dengan berenang mereka akan memiliki pertumbuhan fisik yang bagus.

Mereka akan tumbuh lebih tinggi dibanding anak yang tidak menyukai olahraga. Untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang renang gaya bebas mari  bahas pengertian, sejarah, Teknik renang gaya bebas.

Pengertian Renang Gaya Bebas

Teknik gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air. Lalu kedua belah tangan secara bergantian digerakkan untuk mengayuh maju kedepan.

Pada kedua kaki bergantian mencambukkan di air atau naik turun dari atas kebawah agar dapat membuat tubuh  meluncur cepat.

Teknik gaya bebas merupakan sebuah Teknik berenang yang paling cepat dibanding gaya berenang yang lainnya. Karena selain tangan yang mengayuh, kaki pun terus mencambukkan ke air agar tubuh  melesat dengan cepat.

Sejarah Renang Gaya Bebas

Pada tahun 1844 teknik renang gaya bebas diperlombakan pertama kali di London, Inggris. Saat itu perenang dari suku Indian dengan mudah berhasil mengalahkan perenang asal Inggris.

Namun atlet dari Inggris saat itu menganggap bahwa Teknik tersebut tidak elegan, karena banyak memercikkan air. Akhirnya atlet renang asal Inggris tersebut tetap menggunakan gaya dada dipertandingannya.

Karena ia berhasil dikalahkan oleh suku Indian, John Arthur Trudgen pergi ke Argentina pada tahun 1870 dan 1890. Ia mempelajari Teknik renang gaya bebas dari penduduk asli di Amerika Selatan tersebut.

Ia mendapat kesimpulan tentang Teknik tersebut kalau gaya bebas merupakan Teknik atau gaya renang yang lebih cepat dibanding yang lainnya. Dimana posisi menghadap permukaan air, kedua belah tangan bergantian mengayuh ke air dan kaki bergantian mencambukkannya ke air.

Untuk posisi wajah menghadap ke permukaan air dan hemat oksigen dipernapasan sampai mulai habis. Lalu saat habis biarkan wajah menghadap kesamping atau saat tangan digerakkan keluar air untuk mengambil nafas sejenak. Dengan begitu Teknik ini membuat pernapasan  menjadi lebih tahan lama dan terus melaju dengan cepat.

Teknik Renang Gaya Bebas yang Benar

Renang Gaya Bebas
renang gaya bebas

Berikut ini adalahTeknik renang gaya bebas yang benar :

1. Teknik Pergerakkan Tangan

Saat menggunakan renang gaya bebas, harus memperhatikkan pergerakkan tangan agar dapat terus mengayuh secara bergantian dengan tepat.

Berikut ini adalah Teknik pergerakan tangan pada renang gaya bebas :

  • Pertama kali luruskan kedua tangan ke atas kepala
  •  Kemudian  tarik tangan kiri kebawah, lalu  terus tarik sampai tangan tersebut ke belakang tubuh.
  • Lalu  angkat tangan kiri tersebut sampai keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali dengan lurus kedepan. Biasanya saat tangan kiri telah keluar permukaan air, tangan ditekuk dahulu sampai didekat telinga setelah itu baru diluruskan kembali. Hal ini untuk memberi kesempatan  untuk mengambil nafas sejenak.
  • Pada waktu tangan kiri  berada di atas permukaan air maka langsung gerakkan tangan kanan kebawah sampai kebelakang tubuh . lalu mulailah mengayuh secara bergantian dengan tangan kiri

2. Teknik Pergerakkan Kaki

Pergerakkan kaki pada renang gaya bebas berfungsi sebagai pendorong dan pengatur keseimbangan  saat berenang. Jika  belum terbiasa mencambukkan atau masih kaku  dapat mempelajarinya di kolam renang yang dangkal.

Adapun Teknik pergerakkan kaki di renang gaya bebas yaitu :

  • Gerakkan kaki dicambukkan atau dinaik turunkan secara bergantian pada permukaan air. Gerakan yang beraturan dapat membuat keseimbangan dan tubuh  menjadi terdorong kedepan.
  •  Gerakannya dimulai dari paha dan mulai menendang secara bergantian dengan kuat kebawah permukaan air.
  • Saat salah satu kaki digerakkan kebawah lakukan dengan keras dan salah satu kaki yang diatas permukaan air diturunkan dengan pelan.

3. Teknik Bernafas

  • Coba untuk mengambil nafas saat tangan  telah mengayuh sebanyak 2-3 kali. Dan tenggelamkan wajah kepermukaan air saat tangan tersebut diturunkan kembali ke permukaan air.
  •  Misalnya saat mengambil nafas ke sisi kanan. Pada saat itu tangan kanan yang mengayuh sejajar dengan dada dan akan membuat tubuh  terangkat ke sisi kanan. Pada saat kemiringan itulah yang membantu wajah  untuk menyembul keatas permukaan air dan bisa mengambil nafas.
  • Pada saat wajah  dibawah permukaan air, cobalah untuk mengelarkan udara dengan pelan dari hidung . Hal ini tentunya untuk menghemat nafas yang telah  ambil sebelumnya.
  • Usahakan jangan mengambil nafas keatas, karena pada gaya ini kunci mengambil nafas adalah kemiringan tubuh . Untuk pengambilan nafas bisa dilakukan saat tubuh miring kekiri maupun kekanan.

Atlet Renang Terbaik Dunia di Gaya Bebas

Renang gaya bebas banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi. Atlet-atlet ini menyumbang memotivasi kepada masyarakat yang ingin berenang dengan gaya bebas. Berikut ini adalah deretan nama atlet renang gaya bebas  :

1. Katie Ledecky

Perenang wanita asal Amerika Serikat tersebut telah berhasil meraih banyak gelar dan kejuaran cabang olahraga renang. Ia berhasil meraih 14 kali gelar kejuaran dunia sekaligus. 5 diantaranya memperoleh medali emas pada saat Olimpiade sehingga membuatnya menjadi atlet renang wanita terbaik dalam sejarah.

Pada saat berumur 15 tahun, Katie berhasil meraih emas pada Teknik renang gaya bebas 800 meter putri. Perlombaan tersebut dilaksanakan pada tahun 2012 di London, Inggris. Ia telah memecahkan 13 rekor dunia dari cabang olahraga renang.

2. Ian Thorpe

Perenang senior yang telah pensiun asal Australia ini telah memenangkan 6 medali emas pada satu ajang kejuaraan dunia. Pada saat Olimpiade musim panas tahun 2000 ia juga berhasil mendapatkan 5 medali emas. Disaat usinya 14 tahun ia menjadi pria termuda yang mewakili negaranya.

Ia bertanding untuk perlombaan renang dengan gaya bebas 400 meter di perlombaan kejuaraan dunia Perth 1998. Ia pun memiliki julukan Thorpedo karena kecepatan renang gaya bebasnya yang luar biasa.

3. Ryan Lochte

Perenang pria terbaik asal Amerika ini telah dianugerahi SwinSwam’s Swammy Award sebagai kategori US Male Swimmer of the year.

Selain itu Ryan juga berhasil memenangkan World Swimmer of the Year Award sebanyak dua kali. Ia juga dianggap sebaga salah satu atlet renang tertampan menurut para pecinta olahraga renang dari kalangan wanita.

Ryan Lochte berhasil memegang rekor dunia pada ajang kejuaraan 4×200 meter renang gaya bebas. Ia juga berhasil memenangkan perlombaan 4×100 meter estafet renang gaya bebas. Bahkan ia telah mengoleksi 90 medali dari kejuaran dunia seperti Pan American, Pan Pacific, dan juga dari Olimpiade.

Para atlet renang terbaik menggunakan Teknik renang gaya bebas berhasil mencetak rekor dunia. Atlet-atlet tesebut mendapatkan berbagai macam medali dari beberapa ajang kejuarang dunia.

Renang gaya bebas merupakan teknik berenang dengan posisi dada yang menghadap permukaan air. Teknik ini disebut sebagai teknik berenang paling cepat supaya tubuh melesat cepat.

Gaya bebas pertama kali dilombakan di London oleh seorang atlet renang asal Inggris. Setelah itu, banyak dari atlet renang baik wanita dan pria yang mencetak prestasi melalui teknik renang gaya bebas. 

Writter by SM/idN