Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional Menurut FINA

Pernahkah Anda menghadiri event kejuaraan renang tingkat nasional atau bahkan level dunia? Tahukah Anda berapa ukuran kolam renang internasional yang dipakai untuk berlaga?

Kolam renang yang dipakai sebagai arena kejuaraan renang dunia ternyata ada sedikit perbedaaan dengan ukuran standar kolam renang pada umumnya.

Tentu saja perbedaan paling mencolok ada pada detail angka yang yang menjadi standar minimium dan maksimum setiap elemen desainnya.

Penjelasan lebih jauh terkait ukuran yang diterapkan pada kolam renang ukuran standar internasional akan kami bahas pada artikel ini.

Sejarah FINA dan Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

FINA (Federation Internationale de Natation) sendiri merupakan Federasi Renang Internasional yang dibentuk pada 19 Juli 1908 tepatnya selepas penyelenggaraan Olympic Games di London.

Saat itu pendiriannnya diprakarsai oleh 8 negara, yakni Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Britania Raya, Hungaria dan Swedia.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari Federasi Renang Internasional ini adalah:

  • Menetapkan aturan terpadu unttuk diberlakukan pada Swimming Championship, Diving, dan Water Polo tingkat  dunia, baik bertajuk event Olimpiade maupun kejuaraan internasional lainnya.
  •  Memverifikasi rekor kejuaraan renang dunia secara resmi dan memperbaharuinya setiap waktu.
  • Bertanggung jawab sepenuhnya pada kesuksesan penyelenggaraan Olimpiade Renang Internasional

Saat ini FINA membawahi enam cabang kejuaraan olahraga air, yakni: Swimming, Diving, High Diving, Water Polo, Synchronized Swimming, Open Water Swimming.

Semua cabang tersebut telah berhasil dikompetisikan pada kejuaraan tingkat internasional dan berhasil menghasilkan atlet-atlet renang level dunia.

Untuk event terdekat dari FINA sendiri yaitu penyelenggaraan kejuaraan dunia (World Championship) 2019 untuk semua cabang olahraga air yang rencananya akan digelar di Gwangju, Korea.

Kategori Standar Kolam Renang Berdasarkan Kejuaraan

ukuran kolam renang standar
Ilustrasi - Ukuran kolam renang standar internasional

Ada beberapa kategori yang menjadi parameter "ukuran kolam renang" menurut standar level kejuaraan.

1. Kolam Renang Standar Olimpiade

Perlu diketahui bahwa seluruh kejuaraan renang level internasional harus diselenggarakan pada arena/gelanggang kolam renang standar FINA. Standardisasi ini mencakup segala fasilitas dan sarana prasarana kolam renang.

2. Kolam Renang Standar Umum

Secara umum kejuaraan renang berada dibawah asosiasi FINA harus digelar di arena kolam renang berstandar olimpiade. Kecuali kejuaraan yang secara kelembagaan melepaskan diri dari otoritas Federasi Renang Internasional.

3. Kolam Renang Standar Minimum

Semua event olahraga air baik bersifat kompetitif maupun pelatihan yang diselenggarakan di luar FINA maka tetap harus memperhatikan standar kenyamanan dan keamanan pengguna kolam renang.

Untuk mencapai tujuan tersebut kolam renang publik dan fasilitasnya harus memperhatikan legalitas hukum yang berlaku dan mematuhi otoritas kesehatan setempat.

Penjelasan: Desain dan Ukuran Kolam Renang Internasional

Berikut ini rincian ukuran kolam renang standar internasional termasuk penjelasan fasilitas standar yang direkomendasikan.

Kolam renang standar internasional berbentuk balok/bak dengan ketentuan ukuran sebagai berikut:

1. Panjang

Panjang kolam sesuai standar FINA adalah 50 meter. Perhitungannya dimulai dari panel start sampai ujung balok finish (dinding ke dinding).

2. Lebar

Lebar ukuran kolam renang internasional (sesuai standar) adalah 25 meter. Perhitungannya dari ujung ke ujung dinding samping.

3. Kedalaman

Untuk kedalaman kolam renang, angka minimumnya adalah 1,35 meter. Diukur dari 1 meter pertama hingga setidaknya 6 meter dari ujung dinding start. Sementara untuk kedalaman di area lain minimumnya 1,0 meter.

Khusus untuk kejuaraan renang tingkat dunia, kedalaman minimumnya 2 meter dan direkomendasikan 3 meter jika dipakai sekaligus untuk penyelenggaraan multi event untuk olahraga air lainnya. Itulah ukuran kedalaman yang standar dengan ukuran kolam renang Internasional.

4. Dinding

Ketentuan untuk dinding kolam renang ialah harus vertikal membentuk sudut 90 derajat terhadap permukaan air dan dasar kolam.

5. Lintasan (Lane)

- Panjang dan Lebar

Untuk panjang lintasan sama dengan panjang kolam, yakni 50 meter. Smentara lebar lintasan per kamar setidaknya 2,5 meter

- Jumlah lintasan

Jumlah lintasan kolam renang dibedakan berdasarkan event kejuaraannya
Untuk event Olimpiade standarnya berjumlah 8 lintasan, sementara untuk kejuaraan dunia (World Championship) berjumlah 10 lintasan.

- Tali lintasan ( Lane Ropes)

Lane Ropes pada kolam renang 8 lintasan berjumlah 9 buah dengan diameter berkisar antara 10-15 cm. Lane Ropes terbuat dari bahan karet sehingga akan mengambang di atas permukaan air.

- Warna Tali Lintasan

Untuk warna lane ropes sendiri terdiri dari 3 varian warna yang dibedakan berdasarkan event kejuaraannya.

a. Olimpic Games

Hijau    : lane ropes1 dan 8
Biru      : lane ropes 2, 3, 6 dan 7
Kuning : lane ropes 4 dan 5

b. World Championship

Hijau    : lane ropes 0 dan 9
Biru      : lane ropes 1,2,3,6,7, dan 8
Kuning : lane ropes 4, dan 5

6. Volume air

Untuk standar volume air dalam kolam mengacu pada ketentuan sebagai berikut:

  • a. Kolam renang 50 meter      : 220-250 m3/h
  • b. Kolam renang 33,33 meter : 150-180 m3/h
  • c. Kolam renang 25 meter      : 120-150 m3/h

7. Suhu/temperatur air

Untuk suhu air kolam renang standarnya berkisar antara 25 hingga 28 derajat celcius.

8. Pencahayaan

Untuk pencahayaan lampu kolam renang standarnya tidak boleh kurang dari 600 lux atau 1500 lumin. Untuk pengadaan fasilitas-fasilitas kolam renang direkomendasikan agar berpedoman pada keselamatan, keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Standardisasi kolam renang untuk pelatihan, klub dan komersial diwajibkan memenuhi standar hukum yang diatur oleh otoritas setempat.

Untuk sementara sekian dulu ulasan seputar desain dan ukuran kolam renang internasional yang bisa kami sampaikan. Jika ada kesempatan akan kami tambahkan beberapa informasi yang belum ada. Salam!

-RN