Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Mencuci Baju Putih yang Benar

Mencuci Baju putih atau pakaian putih jenis lainnya memang tidak bisa diperlakukan sama dengan warna-warna lainnya. Membutuhkan tretmen dan perlakuan khusus agar warna putihnya lebih lama terjaga. - UMNAR

Anda mungkin pernah bertanya-tanya kenapa pakaian / baju putih Anda atau anak Anda cepat sekali lusuh dan kusam. Padahal dipakainya juga biasa saja dan tidak melakukan aktivitas berlebihan.

Namun tetap saja noda pada pakaian putih tidak bisa terhindarkan. Lalu bagaimana cara mencuci baju putih yang kusam?

Sebenarnya, noda pada pakaian putih bisa terjadi karena banyak hal. Yang lumrah dan sering terjadi adalah noda pada krah baju putih yang dihasilkan dari keringat kotor di kulit area leher.

Hal tersebut sering menjadi masalah tersendiri bagi Anda yang harus bersusah payah mengatasinya. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencari solusinya sendiri.

Tips Ampuh Mencuci Baju Putih agar Awet

mencuci baju putih
mencuci baju putih

Salah satu cara mengatasi noda pada pakaian putih adalah dengan mencucinya dengan cara yang benar. Artikel berikut akan mengulas tentang cara merawat dan mencuci baju putih yang benar.

Baca juga: Melipat baju yang benar dan simpel

1. Mencucinya secara rutin

Pakaian putih yang dibiarkan kotor terlalu lama di tempat pakaian kotor, akan membuat nodanya semakin bandel saja. Usahakan untuk selalu mencuci baju putih dengan segera. Jangan biarkan terlalu lama tersimpan di ember pakaian kotor Anda.

Dengan segera melakukan pencucian pakaian putih Anda, Maka noda yang sudah terlanjur menempel akan lebih mudah dibersihkan karena belum meresap ke serat kain.

2. Pisahkan pakaian putih biasa dengan seragam pakaian sekolah anak

Tentu Anda sekeluarga di rumah memiliki pakaian putih yang tidak hanya satu buah. Pastikan Anda membuat tempat kotor yang berbeda untuk menempatkan pakaian putih biasa dengan seragam lain seperti seragam sekolah misalnya.

Lalu bagaimana cara memutihkan pakaian sekolah yang sudah terlanjur banyak noda? Sebenarnya untuk mencuci pakaian sekolah warna putih yang kotor sama dengan mencuci baju putih jenis lain.

Hanya saja perlu perlakuan khusus dalam mencuci pakaian seragam putih agar noda pada pakaian lain tidak berpindah ke pakaian seragam sekolah.

Pada saat mencuci pakaian seragam putih pun sebaiknya di pisah. Guna membuat Anda fokus dalam membersihkan cucian Anda terutama pakaian sekolah. Bila perlu tambahkan fase rendaman dengan air hangat terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Pastikan mesin cuci dalam keadaan bersih

Sebelum Anda memasukan pakaian kotor Anda ke dalam mesin cuci, sebaiknya pastikan terelebih dahulu mesin cuci Anda dalam keadaan bersih.

Karena jangan sampai kotoran pada mesin cuci justru berpindah ke pakaian putih Anda.

Pastikan juga tidak ada kerak-kerak yang menempel di bagian bak penampungan air dan cucian. Karena kerak-kerak itu hanya akan memperparah noda yang menempel pada pakaian putih Anda.

4. Pilih produk deterjen yang ampuh dan cocok untuk Anda

Yang tidak kalah penting dari mencuci pakaian agar bersih, terutama pakaian putih adalah dengan memperhatikan deterjen yang dipakai. Gunakan deterjen dengan aroma dan jenis yang cocok.

5. Ulangi pencucian jika masih kusam

Terkadang setelah Anda telah selesai melakukan pencucian, noda yang menempel masih saja membandel. Oleh karenanya jangan berhenti untuk melakukan pencucian dengan metode yang sama pada pencucian berikutnya.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat dan mencuci baju putih yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. (rn)