Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ide Kado untuk Anak SD yang Unik, Jarang Dipikirkan!

UMNAR - Pemberian hadiah atau kado kepada anak menjadi salah satu hal yang akan membuat mereka merasa senang. Namun, orang tua harus selektif dalam memberikan barang-barang kepada anak agar nantinya dapat memiliki nilai manfaat lebih.

Terlebih lagi jika si kecil sudah menginjak Sekolah Dasar (SD) dengan rentang usia 6-12 tahun. Berikanlah hadiah yang sekiranya dapat meningkatkan tumbuh kembang fisik dan otaknya.

Memberikan sebuah hadiah yang tepat kepada sang buah hati dapat meningkatkan semangat dan gairahnya dalam belajar di sekolah. Alangkah baiknya jika barang-barang tersebut dapat digunakan sehari-hari dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, pilihlah kado untuk Anak SD yang menunjang kegiatan belajarnya maupun kemampuan bersosialisasi di lingkungannya.  Secara tidak langsung, Anda telah membantu si kecil dalam banyak hal di masa-masa pertumbuhan.

Tips Memilih Kado untuk Anak SD

Pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips kepada para orang tua dalam memberikan kado untuk anak yang berusia SD.  Berikut ini ulasan lengkap tentang tips-tips yang dapat Anda jadikan sebagai acuan:

Pilihlah kado yang bersifat fungsional

Tips pertama dalam memberikan kado untuk anak usia SD adalah memilih barang-barang yang bersifat fungsional atau memiliki nilai guna tinggi. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhkan si kecil saat berada di sekolah ataupun di tempat bermainnya.

Berhentilah untuk memberikan hadiah-hadiah berupa mainan yang hanya akan membuat si kecil semakin malas dalam belajar. Banyak sekali barang fungsional bersifat praktis yang bisa dijadikan alternatif kado untuk si kecil.

Pilihlah kado yang sesuai kegemaran

Memberikan kado kepada anak sesuai dengan kegemarannya adalah hal yang dianggap cukup efektif dalam rangka mengembangkan bakat yang dimiliki. Jika kegemarannya adalah sesuatu hal yang positif dan bermanfaat, tak ada salahnya bagi Anda sebagai orang tua untuk memfasilitasinya.

Ketika si kecil hobi melukis, Anda bisa membelikannya satu set alat lukis yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk anak-anak. Begitu juga ketika anak Anda gemar melakukan hal bermanfaat lainnya seperti olahraga, bermain musik, menyanyi, menari, dan lain sebagainya.

Pilihlah barang yang menunjang kegiatan belajar

Alternatif lain dalam memberikan kado untuk anak SD adalah memilih barang-barang yang dapat menunjang kegiatan belajarnya di sekolah. Beberapa hadiah yang cukup rekomended diantaranya buku ensiklopedia, kamus bahasa asing, atau komik anak bergambar yang dapat menambah wawasan.

Selain itu, Anda bisa memberikan globe atau bola dunia dengan model yang menarik. Barang- barang tersebut pastinya akan sangat bermanfaat bagi si kecil dalam memahami pelajaran di sekolah.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Memberikan hadiah pada anak tak harus mahal, namun belikan barang bermanfaat yang sesuai dengan kemampuan daya beli Anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli barang-barang mahal untuk anak.

Membiasakan diri memanjakan anak dengan hadiah yang mahal justru berpotensi membuat sang anak menjadi konsumtif di kemudian hari. Ajarkan anak tentang kesederhanaan dan bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi. 

Bentuk Hadiah Barang yang Cocok untuk Anak SD (Model Terbaru)

Hadiah / kado untuk anak sd
Hadiah / kado untuk anak sd

Setelah memahami beberapa tips yang telah diulas, sekarang waktunya Anda untuk memilih beberapa alternatif hadiah yang bisa dijadikan pilihan. Berikut ini terdapat beberapa barang dengan model terbaru yang dapat dijadikan sebagai hadiah untuk anak usia SD:

1. Jam tangan analog

Hadiah pertama yang cocok untuk anak usia SD adalah jam tangan analog karena dapat membantu si kecil untuk melatih kedisiplinan. Jam tangan model analog juga dapat membantunya dalam memahami materi tentang waktu, seperti jam, menit, dan detik.

Jam tangan Casio dengan seri LRW-200H bisa menjadi alternatif terbaik karena awet dan dilengkapi fitur water resistant. Meski modelnya cukup sederhana, namun cukup elegan dan kece untuk dikenakan oleh anak sekolah.

2. Kamus Inggris bergambar

Bahasa Ingrris sudah menjadi mata pelajaran wajib sejak menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Demi menunjang kegiatan belajar si kecil, orang tua bisa memberikan hadiah kamus Inggris yang disertai dengan gambar-gambar yang berwarna-warni.

Pilihlah kamus khusus anak yang telah didesain khusus dengan kosa kata yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Dengan desain khusus, tambah berkesan untuk dijadikan kado untuk anak sd.

3. Maped colouring set

Hadiah / kado untuk anak sd yang satu ini sangat cocok diberikan pada si kecil yang hobi menggambar. Anda tinggal pergi ke jasa bungkus dan menjadikan ini sebagai kado untuk anak SD yang bermanfaat. Colouring set merupakan alat mewarnai yang berjumlah 3 produk yaitu pensil warna, fine point pens, dan  brush yang ekstra soft.

Brand ini juga membekali si kecil dengan serutan pensil yang mudah diaplikasikan dan simpel untuk dibawa kemanapun. Bunda tak perlu khawatir jika noda pensil mengotori baju yang dipakai karena tintanya sangat mudah untuk dibersihkan saat dicuci.

4. Smart Globe

Hadiah / kado untuk anak sd lainnya yang dapat membantu si kecil dalam menambah wawasannya adalah smart globe. Bola dunia ini dirancang dengan teknologi canggih sehingga telah dilengkapi dengan fitur smart learning pen.

Fitur tersebut bisa langsung diaplikasikan pada titik di negara tertentu agar anak dapat mendengarkan informasi seputar negara tersebut. Brand Oregon Scientific Smart Globe Adventure bisa menjadi pilihan menarik dengan daya baterai cukup hemat yaitu 3 buah baterai AAA.

5. Alat makan dan minum karakter

Salah satu cara dalam mengajarkan pola makan sehat dan bergizi bagi anak adalah dengan membawakan bekal makanan saat ke sekolah. Berikan hadiah berupa satu set alat makan dengan bentuk yang lucu dan terbuat dari material yang aman dan anti tumpah.

Perlengkapan makan sangat pas untuk dijadikan kado untuk anak sd. Tidak hanya untuk anak SD, alat makan dan minum juga sangat cocok sebagai kado untuk anak TK yang mana masih lucu-lucu.

Membekali si kecil dengan makanan yang sehat juga bertujuan agar ia tidak jajan sembarangan di sekolah. Pilihlah ukuran box makan dan minum yang simpel dan praktis untuk dimasukkan ke dalam tas.

6. Tas ransel dan alat tulis

Hadiah tas ransel sangat cocok dijadikan sebagai kado untuk anak SD adalah tas ransel dengan karakter yang lucu dan compact untuk membawa peralatan sekolah. Anda bisa memberikan kado tersebut dengan dilengkapi aksesoris sekolah yang lainnya, seperti alat tulis dan buku.

Berikan tas dengan warna dan karakter yang menjadi favorit si kecil. Tak perlu mahal ataupun mewah, Anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang dimiliki.

7. Tenda anak

Tenda anak bisa menjadi alternatif kado untuk anak SD yang cukup unik. Tenda tersebut dapat dijadikan sebagai tempat yang nyaman bagi si kecil untuk bermain ataupun belajar.

Pilihlah tenda yang mudah untuk dilipat dan disimpan kembali tanpa memakan space yang cukup besar. Carilah karakter dan model yang sesuai dengan jenis kelamin anak Anda.

8. Sepeda unicycle

Akhir-akhir ini, keberadaan sepeda roda satu atau unicycle mulai banyak disukai oleh anak-anak. Ternyata sepeda unik ini tak hanya dihadirkan di acara sirkus saja, namun sudah menjadi salah satu hobi yang bermanfaat.

Anda bisa menghadiahkan si kecil dengan sepeda unik yang satu ini karena dapat melatih keseimbangan dan rasa percaya diri. Pastikan untuk memilih jenis sepeda anak SD yang sesuai dengan jenis kelaminnya.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa tips dan barang-barang yang dapat dijadikan sebagai kado untuk anak SD. Anda bisa mempertimbangkan beberapa alternatif hadiah tersebut yang dinilai cocok untuk si kecil. Jangan lupa untuk memastikan bahwa isi dompet Anda cukup untuk membeli hadiah tersebut.

Ditulis oleh Leli Ristiana