Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ide Kado untuk Anak TK yang Mendidik dan Menarik

UMNAR - Tujuan orangtua menyekolahkan anak di Taman Kanak-kanak adalah upaya agar anak dapat bersosialisasi dengan anak lainnya.

Konsekuensinya adalah orangtua harus siap dengan semua aktivitas anak selama di sekolah. Salah satunya kegiatan yang diluar kepentingan sekolah yaitu undangan ulang tahun dari siswa lain.

Perayaan ulang tahun adalah hal yang menarik untuk anak-anak khususnya anak TK. Selain itu anak-anak dilingkungan tempat tinggal juga sering merayakan ulang tahun.

Disaat mendapatkan undangan ulang tahun untuk anaknya, terkadang ibu berpikir kado untuk anak TK seperti apa yang cocok untuk anak yang sedang berulang tahun. Selain perayaan ulang tahun, memberikan kado untuk anak TK juga bisa diberikan oleh ibu untuk anaknya.

Memberikan kado karena anak berhasil menggambar dan mewarnai atau penghargaan terhadap anak karena berhasil menyelesaikan tantangan dengan baik. Tentu, memberikan kado tidak hanya saat momen ulang tahun saja, tapi juga untuk penghargaan kepada anak.

Jenis Kado yang Cocok untuk Anak TK

kado untuk anak tk
kado untuk anak tk

Artikel ini menjadi pelengkap informasi sebelumnya tentang kado untuk anak SD. Jika Anda belum membaca, silahkan baca dulu.

Kado adalah hadiah yang diberikan kepada seseorang, baik untuk penghargaan atau kenang-kenangan. Memilih kado untuk anak TK ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, harus memikirkan dampak dan manfaatnya untuk anak. Berikut ada beberapa kado untuk anak TK yang bisa menjadi pertimbangan para orangtua:

1. Alat Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai adalah aktivitas kesenian yang paling banyak diajarkan pada anak-anak sejak dini. Bahkan sekolah TK, mengalokasikan kegiatan menggambar dan mewarnai lebih banyak dari kegiatan belajar mengenal huruf.

Anak TK pada umum suka dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Untuk memberikan kado peralatan menggambar dan mewarnai bisa dengan pensil warna atau cat air, krayon berwarna terang dan tidak menempel pada tangan.

Bisa juga dengan memberikan buku bergambar sehingga anak nantinya hanya tinggal mewarnai. Selain itu bisa juga menghadiahkan meja lukis untuk anak yang benar-benar serius belajar menggambar. So, no 1 ini (buku mewarnai) pas banget dijadikan kado untuk anak tk.

2. Mainan Edukasi

Mainan adalah kado yang paling mudah dicari dan paling banyak pilihannya. Mainan  yang bisa diberikan kepada anak TK adalah mainan yang edukatif dan bisa mengembangkan daya imajinasi anak.

Untuk memberikan kado mainan kepada anak laki-laki seperti mobil-mobilan, satu set mainan kereta api, mainan remote control, tembak-tembakan, robot-robotan, layang-layang dan lainnya.

Memberikan kado untuk anak perempuan bisa berupa boneka, satu set lengkap barbie, alat masak-masakan, puzzle dan jenis mainan lainnya.

3. Buku

Kado lainnya yang bisa diberikan kepada anak TK adalah buku, misal Pop-up book, buku cerita, buku dongeng, noisy book (buku suara-suara), convertible book dan lainnya. Buku dapat dibaca bersama-sama dengan orangtua dan membantu memupuk minat baca pada anak-anak.

Memberikan kado buku sangat bermanfaat selain media hiburan juga membantu untuk merangsang daya imajinasi dan menambah kosakata secara perlahan. Mengajarkan anak membaca, otak akan berkembang dan mampu menyerap informasi baru dari buku yang dibaca.

4. Alat Tulis

Memberikan alat tulis bisa menjadi salah satu pilihan untuk memberikan kado kepada anak-anak khususnya anak TK. Selain diajarkan menggambar dan mewarnai, anak-anak juga belajar mengenal huruf.

Tak ada salahnya memberikan alat tulis dengan hiasan tulisan nama anak atau alat tulis dengan bentuk yang lucu-lucu. Satu set alat tulis terdiri pensil, kotak pensil, penghapus, rautan, dan penggaris.

5. Alat Makan: Bisa Jadi Kado untuk Anak TK Paling Worth it

Membawa kotak bekal makanan dan botol minum identik dengan anak TK. Maka tak salah Anda memberikan kado berupa peralatan makan atau botol minum yang bisa dibawa ke sekolah.

Jika Anda berkenan berikan satu set alat makan yang terdiri dari kotak makan, botol minum, sendok dan garpu. Saat ini sudah sangat banyak sekali tersedia tempat makan dan botol minum yang lucu-lucu seperti tokoh kartun kesukaan anak, Anda tinggal memilih sesuai dengan kesukaan.

6. Peralatan Olahraga

Anak-anak biasanya sangat aktif dan banyak anak yang gemar dengan kegiatan luar ruangan. Nah, kado yang cocok untuk anak tersebut adalah peralatan olahraga. Seperti bola dan bola basket bisa menjadi kado terbaik, dengan bola tersebut anak bisa bermain dengan temannya. Selain itu bisa memberikan sepeda, untuk anak Anda belajar keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.

7. Tas Sekolah

Saat anak sudah mulai sekolah, tas adalah barang yang paling dibutuhkan. Memberi kado tas kepada anak susah-susah gampang.

Biasanya orangtua menginginkan tas yang nyaman untuk anak, tetapi anak ingin tas yang bertema sesuai dengan kesukaannya. Tas sekolah untuk anak TK bisa berguna untuk menyimpan bekal makanan, tempat meletakkan botol minum.

Untuk kado, berikan tas sekolah dengan gambar-gambar lucu, karakter kartun yang disukai anak-anak. Karena umumnya anak-anak menyukai hal-hal tersebut. Jika untuk diberikan kepada anak sendiri, sebaiknya pilih tas sesuai kesukaan anak dan nyaman untuk anak Anda.

8. Sepatu Sekolah

Selanjutnya bisa coba memberikan kado sepatu sekolah. Banyak sepatu dengan berbagai jenis dan warna sesuai kesukaan anak-anak. Walaupun memberikan sepatu untuk kado tergolong susah-susah gampang karena Anda harus mengetahui ukuran sepatu anak tersebut.

Jika memberikan kado untuk anak sendiri, pilih sepatu yang nyaman dan berkualitas untuk digunakan anak ke sekolah. Sebaiknya pilih sepatu dengan sol bantalan yang menyerap kelembapan kaki, pilih sepatu dengan bagian atas yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

9. Celengan

Celengan bisa menjadi salah satu rekomendasi kado untuk anak TK. Bahkan tidak hanya untuk anak TK, celengan juga bisa dijadikan sebagai kado untuk anak 5 tahun -an sekalipun tidak belajar TK. Memberikan celengan bisa menjadi metode mengajari anak untuk menabung.

Sebagai orang dewasa merasakan menabung bukanlah suatu yang mudah, maka baiknya ajarkan anak menabung sejak dini. Menabung merupakan keterampilan yang berguna dalam jangka panjang.

Saat ini celengan sudah banyak sekali jenis dan bentuknya. Tak hanya celengan berbentuk ayam jago yang terbuat dari tanah liat, modelnya sudah terus berkembang. Ada banyak celengan yang lucu-lucu, seperti celengan bentuk kasir, mesin ATM, karakter kartun, celengan stiker dan masih banyak lainnya.

Tips Memilih Kado untuk Anak TK

Memberikan kado untuk anak TK jangan hanya asal pilih. Ada faktor-faktor penting yang harus diperhatikan dalam mencari kado untuk anak TK, berikut beberapa faktor tersebut:

  1. Pilihkan kado yang bisa merangsang perkembangan sistem motorik anak, seperti memberikan mainan yang melibatkan aktivitas fisik.
  2.  Pilih kado yang membantu mengembangkan aspek kognitifnya, seperti berhitung, membaca, berbahasa dan lain-lain.
  3.  Berikan kado yang bisa mengembangkan daya imanjinasi anak, kemandirian, tanggungjawab dan bisa mengembangkan jiwa sosialnya.
  4.  Pastikan memberikan hadiah dengan bahan-bahan yang baik tidak mengandung racun atau bahan berbahaya lainnya.
  5.  Hindari memberikan kado atau mainan yang memiliki permukaan kasar atau sudut yang tajam karena dapat melukai anak.
  6.  Hindari memberikan kado yang berukuran kecil karena anak-anak umumnya suka memasukkan mainan atau sejenisnya ke dalam mulut hingga berpotensi tertelan.
  7.  Berikan kado bersifat edukatif, biasanya anak-anak usia TK merupakan usia dimana daya tangkap dan daya ingat sedang berkembang.
  8.  Pilih kado yang tidak terlalu rumit untuk dimainkan, cara bermain yang rumit akan membuat anak tidak tertarik dengan kado tersebut.
  9.  Yang paling penting belikan kado sesuai dengan budget yang Anda miliki, tidak perlu memaksakan harus membeli kado yang mahal.

Memilih kado untuk anak TK memang bukan hal yang gampang, banyak hal yang harus diperhatikan dan pertimbangkan untuk kebaikan anak. Ada banyak pilihan kado yang bisa diberikan, yang paling penting kado yang diberikan harus memiliki manfaat positif untuk anak.

Ditulis oleh Kenanga Rahmi Annisa