Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Kolam Renang Berlumut

Pecinta kolam renang tentu tidak ingin melihat kolam renangnya berlumut. Kolam renang berlumut menandakan bahwa kolam tersebut tidak bersih. Kolam renang yang tidak bersih bisa menyebabkan infksi pada mata maupun pada kulit setelah melakukan aktivitas renang.

Menjaga kebersihan dan kenyamanan kolam renang secara berkala, adalah hal yang perlu dilakukan dibandingkan membersihkannya ketika sudah benar-benar kotor. Kolam renang yang benar-benar kotor akan cukup sulit untuk dibersihkan.

Contohnya saja ketika airnya sudah berwarna hijau, kerak kotoran di lantai sudah banyak, dan lain-lain. Hal itu harus segera ditindaklanjuti dengan melakukan pembersihan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kolam renang berlumut. Anda bisa melakukan cara yang alami atau pun dibantu dengan obat kolam renang.

Kedua cara tersebut sama-sama bisa dilakukan agar proses pembersihan dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Pada dasarnya, tingkat kebersihan kolam renang dapat dipengaruhi dari beberapa hal.

Contohnya saja dari cuaca, sistem sirkulasi kolam renang, sistem filterisasi yang tidak bekerja dengan baik, dan lain-lain. Hal-hal tersebut akan mempengaruhi intensitas pembersihan kolam yang harus dilakukan.

Di saat musim kemarau tiba, air kolam renang bisa tiba-tiba berubah menjadi berwarna kehijauan karena panas matahari kemarau yang sangat terik.

Beberapa penyebab lain dapat disimak di bawah ini.

4 Poin Penyebab Kolam Renang Berlumut

cara mencegah kolam renang berlumut
kolam renang berlumut

1. Tingkat PH yang Terlalu Tinggi

Penyebab pertama yang membuat kolam renang berlumut adalah jika PH pada air kolam memiliki tingkat yang tidak stabil. Tingkat PH adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan lumut. Kelembaban air yang tidak stabil dapat membuat air menjadi berwarna kehijauan.

Hal itu disebabkan karena banyaknya kuman dan bakteri maupun lumut yang cepat sekali berkembang biak. Perkembangbiakan tersebut bisa jadi dikarenakan adanya binatang-binatang air yang ikut andil untuk tinggal di dalam kolam renang.

Jika lumut tumbuh dan Anda tidak segera membersihkannya, maka bisa jadi kolam renang Anda berwarna benar-benar hijau.

2. Tingginya Tingkat Phytoplankton

Penyebab kolam renang berlumut berikutnya adalah adanya phytoplankton. Ini merupakan salah satu organisne dengan ukuran yang sangat kecil. Saking kecilnya membuat ini disebut dengan mikroorganisme. Phytoplankton sendiri termasuk mikroorganisme yang berasal dari keluarga ganggang hijau.

Jenis ganggang phytoplankton ini terdiri dari 2 kategori.

Kategori yang pertama memiliki tipe yang berserat dan biasanya menempel pada dinding kolam renang.

Kategori berikutnya dari ganggan yang memiliki sel satu ini menyebar di air kolam.

Hal tersebut membuat warna air kolam menjadi hijau. Dengan demikian, warna hijau yang terdapat pada air kolam bukan semata-mata bayangan dari lumut yang berada di lantai atau pun dinding. Namun bisa saja karena ganggang ini.

3. Buruknya Kebersihan Kolam Renang

Faktor kebersihan kolam renang merupakan faktor ketiga penyebab kolam renang berlumut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa orang yang memiliki kolam renang wajib menjaga kebersihan kolamnya.

Tidak hanya kolam dan airnya saja yang rutin untuk dibersihkan, namun kondisi di sekitar kolam renang pun harus senantiasa bersih.

Anda harus rajin membuang sampah atau pun menyapu untuk mengantisipasi sampah yang masuk ke air kolam renang karena tertiup angin. Sampah yang telah masuk ke dalam kolam renang akhirnya dapat membuat keseimbangan PH menjadi kacau.

Akhirnya, kolam renang pun akan menjadi kotor dan berubah warna menjadi kehijauan. Untuk itu, Anda yang memiliki kolam renang outdoor perlu memperhatikan hal ini.

4. Perubahan Cuaca

Selain faktor kurangnya kebersihan, kondisi alam seperti perubahan pada cuaca juga dapat menjadi salah satu pemicu kolam renang berlumut. Sebagai pemilik kolam renang terutama kolam renang outdoor, Anda harus paham dengan kondisi cuaca.

Contohnya saja ketika cuaca berangin dan banyak daun-daun beterbangan masuk kolam renang, maka Anda harus membersihkannya. Begitu pula jika musim hujan tiba yang membuat air kolam renang menjadi tidak stabil karena terpenuhi dengan air hujan.

Bahan-bahan kimia yang berada di dalamnya pun menjadi hilang dan membuat PH kolam menjadi tidak menentu. Bisa saja kandungan PH akan menjadi terlalu asam maupun terlalu basa.

Hal-hal di atas merupakan penyebab kolam renang berlumut yang tentu harus dihindari oleh setiap pemilik kolam renang. Pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin sebelum terlambat.

Jika terlambat, bisa jadi lumut susah untuk dibersihkan. Kerak yang membandel pada lantai kolam renang pun bisa menjadi semakin tebal. Jika tidak beruntung, hal tersebut akan merusak dinding maupun lantai pada kolam renang. Segera cari solusi yang cepat untuk mengatasinya.

Berikut beberapa solusi yang dapat Anda lakukan dalam upaya membersihkan kolam yang berlumut menjadi bersih dan jernih kembali.

3 Kiat / Solusi untuk Menghindari Kolam Renang Berlumut

1. Menanam Pohon Disektar Kolam Renang

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kolam renang berlumut adalah dengan menanam pohon di sekitar kolam. Hal tersebut dapat menghalangi sinar matahari untuk langsung mengenai air kolam.

Anda harus tahu bahwa sinar matahari langsung dapat mempercepat pertumbuhan alga atau ganggang. Dengan adanya pepohonan di sekitar kolam, maka pertumbuhan ganggang di dalam air kolam bisa dihambat.

Anda bisa memilih jenis pepohonan yang mempunyai jenis ranting pohon yang kuat dan memiliki daun yang tidak mudah berguguran. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan kolam secara rutin.

Ini merupakan hal paling dasar yang harus dilakukan untuk mencegah tumbuhnya lumut di dalam kolam. Perawatan kolam yang ideal dilakukan dalam waktu sebulan sekali.

2. Menambahkan Water Cleaner

Solusi untuk mengatasi kolam renang berlumut berikutnya adalah dengan menambahkan zat yang mampu untuk membersihkan air.

Anda dapat menggunakan water cleaner yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan air kolam sekaligus untuk mengurangi lumut yang bisa hidup di dalam kolam.

Namun, bacalah baik-baik tentang petunjuk penggunaannya agar Anda tidak salah dosis.

Menggunakan filterisasi dengan menggunakan sinar ultraviolet juga merupakan hal yang harus Anda coba. Kini, Anda bisa menggunakan sistem filter dengan lampu ultravioletnya yang lengkap yang mampu untuk membersihkan air kolam yang hijau menjadi jernih kembali.

Sinar Ultraviolet lah yang mampu untuk mengikat lumut atau alga sehingga nantinya berubah menjadi bagian yang lebih kecil yang bisa disaring.

3. Menerapkan Sistem Filtrasi yang Tepat

Langkah terakhir dalam melakukan pembersihan kolam renang berlumut adalah dengan cara merancang filterasi yang baik dan tepat.

Filterisasi pada kolam pada dasarnya bertujuan untuk membuat air kolam renang menjadi jernih,  bersih dan sehat kembali.

Anda dapat memilih filter yang baik yang menggunakan kombinasi dari air kolam dan juga bahan-bahan kimia yang aman untuk air kolam renang.

Beberapa jenis bahan kimia memang dibutuhkan untuk air kolam renang yang bertujuan untuk menjaga PH air dan kejernihan kolam. Kini Anda dapat menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kolam renang menjadi berlumut.

Jika Anda masih mengalami masalah kolam renang yang berlumut, cobalah cara di atas untuk mengatasinya. Atasi segera sebelum lumut yang ditimbulkan semakin banyak dan semakin susah untuk diatasi.

Jika anda membutuhkan bantuan dari ahli perawatan air kolam renang, silahkan menghubungi kami.