Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sepatu Bau

Pernah kan setelah memakai sepatu terus kakinya bau?  Nah di artikel ini,  mengulas tentang kiat simpel untuk mencegah dan mengatasi sepatu bau - UMNAR

Hampir semua aktivitas kita di luar rumah, membutuhkan sepatu sebagai alas kaki. Sehingga tidak heran jika sepatu yang sering kita pakai biasanya akan mengeluarkan bau tidak sedap. Penyebabnya antara lain berasal dari bakteri yang dihasilkan dari kaki kita.

Kebiasaan buruk dan frekuensi pemakaian yang tinggi tanpa diimbangi metode perawatan sepatu yang baik juga menjadi hal yang tak luput sebagai penyebabnya.

Tidak sedikit orang yang mengabaikan bau yang ditimbulkan oleh sepatu mereka. Padahal sepatu adalah bagian dari penampilan yang akan dilihat oleh orang lain. Sepatu yang bau juga seringkali membuat pemiliknya kurang percaya diri saat berada di sebuah forum.

Dan jika Anda adalah yang termasuk demikian, maka cara sederhana mencegah dan menghilangkan sepatu bau berikut ini penting untuk  Anda perhatikan.

Tips simpel mencegah, menghilangkan dan mengatasi sepatu bau

mengatasi sepatu bau dan bau sepatu dengan mudah
mengatasi sepatu bau dan bau sepatu dengan mudah

Seperti apapun kondisi sepatu Anda, baik sudah cukup usang maupun baru membelinya, potensi mengalami bau bakalan ada.

Berikut ini terlebih dahulu akan kita bahas cara mencegah / mengatasi sepatu bau agar tidak mengurangi kepercayaan diri Anda saat bertemu orang lain.

1. Selalu gunakan kaos kaki

Sebagian orang memang ada yang terbiasa menggunakan sepatu tanpa kaos kaki. Dengan dalih buru-buru, tidak mau ribet dans sebagainya. Alhasil hal inilah yang membuat kaki dans sepatu mereka cepat bau.

Jika Anda menginginkan sepatu Anda terhindar dari bau gunakanlah selalu kaos kaki saat bepergian kelura rumah dengan sepatu. Menggunakan kaos kaki merupakan salah satu kiat untuk mengatasi sepatu bau.

2. Gantilah penggunaan sepatu.

Ada baiknya Anda memiliki lebih dari satu sepatu di rumah. Hal ini bisa Anda pakai untuk menghindari pemakain sepatu kotor Anda dipakai kembali. Istirahatkan sepatu minimal satu hari setelah itu bisa Anda gunakan kembali.

Cara ini cukup efektif untuk menekan potensi sepatu bau. Dengan bergitu gonta ganti sepatu, merupakan salah satu metode untuk mengatasi sepatu bau.

3. Gunakan bedak khusus

Anda bisa menggunakan bedak khusus kaki yang dipakai pada sela-sela jari sebelum memakai kaos kaki. Selain itu jika Anda tidak ingin terlalu repot,

Anda juga bisa membeli semprotan penghilang bau sepatu. Semprotkan setiap sepatu selesai dipakai sebelum diistirahatkan. Kiat ini terkesan repot, namun cukup efektif mengatasi sepatu bau.

Kemudian...

Kiat untuk menghilangkan / Mengatasi sepatu bau

Anda bisa menerapkan cara berikut.

1. Mencuci dan mengeringkannya secara tuntas

Perawatan sepatu secara umum tidak akan lepas dari metode pencuciannya. Termasuk untuk mencegah dan menghilangkan bau sepatu Anda bisa mengupayakannya dengan melakukan pencucian sepatu secara rutin.

Usahakan untuk mencuci sepatu minimal satu minggu sekali. Hal itu agar bagian dalam sepatu Anda bersih dari bakteri penyebab bau tidak sedap. Perhatikan juga cara mengeringkannya.

Pahami juga jenis bahan sepatu Anda. Ada beberapa sepatu yang  bisa langsung dijemur di bawah terik matahari namun  ada juga yang direkomedasikan untuk cukup diangin-anginkan saja.

2. Menaburi sepatu dengan bubuk khusus penetralisir bau sepatu

Ada banyak produk penmghilang bau sepatu yang dijual di pasaran. Mulai dari yang berbentuk bubuk sampai dengan semprotan.

Untuk yang berbentuk bubuk Anda bisa mengaplikasikannya dengan menaburkannya pada bagian dalam sepatu. Hal ini berguna untuk mencegah bau yang akan timbul dari sepatu.

3. Memanfaatkan koran

Selain duia cara diatas Anda bisa mencegah dan menghilangkan bau sepatu dengan memanfaatkan koran bekas. Caranya Anda bisa menggumpalkan koran berbentuk bulat.

Gunakan gumpalan koran tersebut pada rongga sepatu. Lakukan hal ini pada sepatu yang selesai Anda pakai sebelum diistirahatkan.

4. Gunakan pengharum

Tips terakhir untuk mengatasi bau pada sepatu Anda sementara Anda tidak ingin terlalu repot Anda bisa menyemprotkan pengharum yang Anda miliki. Pengharum adalah solusi yang paling efektif untuk menghilangkan bau termasuk bau pada sepatu Anda. So you can do it.

Nah demikianlah ulasan tentang cara mencegah dan menghilangkan bau sepatu dengan mudah. Semoga bermanfaat (rn)