Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Desain Kolam Renang Mini di Lahan Sempit

Desain kolam renang mini bisa menjadi pilihan alternatif terbaik bagi Anda yang memiliki lahan sempit.

Lahan yang terbatas tidak menjadi masalah yang serius dalam membangun kolam renang. Saat ini lahan luas maupun lahan kecil tetap bisa digunakan untuk membangun sebuah kolam renang.

Begitupun dengan konsepan rumah yang minimalis (lahan sempit). Tentu saja tetap bisa digunakan untuk membuat kolam renang mini. Sekarang banyak desain kolam renang mini yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kesesuaian konsepnya. Tinggal disesuaikan ketersediaan lahan dengan sistem sirkulasi kolam renangnya.

Contoh Desain Kolam Renang Ukuran Mini

desain kolam renang mini
contoh desain kolam renang

Banyak referensi dan bentuk desain kolam renang mini yang bisa Anda ikuti. Dari mulai fungsi kolam renangnya, tipe kolam renang, lokasi hingga dari sisi keperuntukkannya. Simak ulasan berikut ini.

1. Indoor Pool

desain kolam renang mini indoor
desain kolam renang mini indoor

Pilihan pertama yang bisa digunakan untuk desain kolam renang mini adalah jenis indoor pool. Bentuk yang satu ini memang belum banyak diterapkan karena dianggap ribet dan membuat ruangan menjadi kotor.

Indoor pool sendiri membutuhkan desain yang lebih maksimal dan penataan ruangan yang lebih detail lagi. Hal ini digunakan agar tidak membuat ruangan ini cepat kotor ketika digunakan untuk berpindah dari ruangan lainnya mengingat kolam renang cenderung membuat orang-orang banyak berbaur dengan air.

Indoor pool nyatanya merupakan pilihan yang tepat untuk ruangan dengan konsep yang minimalis. Hal ini didukung dengan ukuran dari kolam renang untuk indoor ini tidak membutuhkan kolam yang luas atau sekedar kolam yang digunakan untuk bersantai dan bermain bersama anak-anak.

Kebersihan dari airnya juga lebih mudah dipantau karena berada di dalam ruangan. Tentunya jauh tercampur dengan air hujan, kotoran dan debu yang ada diluaran.

Indoor pool bisa digunakan untuk rumah minimalis yang menyukai permainan air, namun ingin memilikinya secara pribadi dan meminimalisir untuk pergi keluar bersama anak-anak. Lebih mengutamakan kepentingan berkumpul bersama keluarga dengan fasilitas kolam renang yang dimiliki.

2. Above-Ground Pool

desain kolam renang mini above ground
desain Above-Ground Pool mini

Untuk lahan yang minimalis bisa juga menggunakan desain seperti above ground pool ini. Desain kolam renang mini yang satu ini bisa dijadikan solusi untuk tidak perlunya menggunakan proses penggalian terhadap tanah yang justru cenderung membuat ruangan menjadi lebih pas untuk dijadikan kolam renang. Model yang satu ini memang terlihat sangat dalam dan besar untuk penempatan kolam renang yang tidak tertanam di dalam tanah.

Namun model yang satu ini merupakan solusi yang tepat untuk membuat kolam renang minimalis yang cocok untuk segala kondisi yang sedang terjadi. Above ground pool memiliki keunggulan lain yaitu ukurannya bisa disesuikan dengan kebutuhan dan material yang bisa dipilih dengan kekuatan yang bisa disesuaikan. Material yang cocok adalah bahan kayu.

Namun kekurangan dari bahan kayu adalah materialnya yang lebih cepat keropos dan lapuk apalagi kolam renang selalu berkaitan dengan air dan kayu disini digunakan untuk menampung air dengan waktu yang lama. Tentu saja hal ini akan membuat keawetan dari model yang satu ini masih banyak dipertanyakan dan perlunya perlakuan khusus agar tidak cepat rusak.

3. Natural Pool

Natural pool mini
Natural pool mini

Model selanjutnya yang cocok untuk desain kolam renang mini adalah bentuk natural pool. Model yang mendekatkan diri pada alam ini nyatanya cocok juga dipasang untuk konsep rumah yang minimalis.

Natural pool dipadukan dengan beberapa pohon dan dedaunan yang asri sehingga cocok digunakan untuk tempat bersantai disekitar kolam renangnya. Natural pool tidak membutuhkan ukuran dan lahan yang luas modelnya biasanya dibuat natural seperti danau kecil pada umumnya.

Hiasan dan material yang digunakan juga tidak begitu aneh-aneh dan mudah dicari. Material untuk kolam renangnya biasanya menggunakan batuan alam yang indah dan mudah untuk dicari.

Sementara tanamannya bisa dipesan pada penyedia tanaman dengan harga yang bervariasi. Bisa menggunakan tanaman yang asli atau menggunakan tanaman yang plastik jika tidak ingin mengotori sekitar kolamnya.

4. Lap Pool

lap pool mini
lap pool mini

Model selanjutnya yang cocok untuk desain kolam renang mini adalah bentuk lap pool. Model dari kolam renang yang satu ini adalah memiliki desain yang memanjang dan tidak memiliki lebar yang luas.

Lap pool ini cocok untuk digunakan dalam rumah yang minimalis hal ini dipertegas dengan ukuran setiap kolam dan ornamen yang ada disekitarnya tidak membutuhkan banyak lahan.

Untuk kolamnya hanya membutuhkan lahan sepetak kemudian dihiasi dengan ornamen kayu yang mengelilingi setiap sudut kolam renangnya. Model lap pool ini biasanya digunakan juga untuk perendaman menggunakan air hangat sehingga cocok digunakan untuk tempat bersantai bersama keluarga ini. Tempatnya yang kecil memudahkan juga untuk proses pembersihan dan perawatannya.

5. Plunge Pool

plunge pool mini
plunge pool mini

Kolam renang model modern ini nyatanya juga merupakan pilihan yang tepat untuk desain kolam renang mini selanjutnya untuk rumah yang minimalis. Plunge pool cocok untuk jenis kolam renang yang hanya digunakan untuk berelaksasi dan bersantai saja tidak digunakan untuk latihan intensif karena modelnya yang memang kecil meskipun dibuat di outdoor. Biasanya dilengkapi dengan beberapa bangku yang digunakan untuk bersantai ala-ala di pantai.

Model plunge pool ini menggunakan material-material yang modern dan keramik anti licin sehingga membuatnya terlihat lebih praktis saat digunakan dan dibuat sebagai kolam renang.

Tentu saja model plunge pool ini cocok dipadukan dengan rumah dengan konsep yang mewah dan megah namun minimalis. Mengingat model dari kolam renangnya yang mewah dan minimalis untuk menghindari adanya ketimpangan dan kurang selarasnya dengan kondisi umum pada ruangannya.

6. Kid Pool

kid pool kecil
kid pool kecil

Model selanjutnya yang cocok juga dipasang untuk desain rumah yang minimalis adalah model kid pool. Kolam renang yang diperuntukkan bagi anak kecil ini nyatanya memang tidak membutuhkan ruang yang luas dan kedalaman yang tidak merepotkan sehingga Anda bisa membuat kolam renang dengan konsepan baik bongkar pasang maupun permanen untuk area bermain anak Anda.

Model kid pool yang bongkar pasang biasanya menggunakan karet balon yang diisi angin kemudian dialiri air dan bola untuk bermain.

Kemudian untuk kolam renang anak yang permanen biasanya menggunakan keramik biasa dengan ukuran yang tidak bergitu luas dan sesuai dengan ukuran anak yang bermain.

Untuk kolam anak ini biasanya dibuat tidak hanya satu buah saja melainkan beberapa buah yang bisa digunakan untuk berpindah-pindah sekaligus untuk hiasan dalam rumah minimalis. Konsep yang diambil biasanya menggunakan konsep kolam renang indoor.

Konsep indoor banyak dipilih untuk kolam renang anak karena lebih mengutamakan keselamatan dan keseahatan anak mengingat kolam renang indoor lebih mudah dalam segi pemantauan dan pembersihannya.

7. Freeform Pool

desain free form pool mini
desain free form pool mini

Menginginkan model kolam renang yang seolah sedang mandi dalam danau maupun sungai? Menggunakan model yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Modelnya cukup simpel hampir mirip dengan model kolam ikan yang cenderung menggunakan semen saja tanpa ada tambahan bebatuan maupun keramik di sekitarnya. Model freeform ini cenderung abstrak dan disesuaikan dengan kreativitas dari desainer atau pemilik kolam renangnya.

Modelnya cukup estetik dan bisa dijadikan hiasan outdoor yang cantik. Jika tidak menyukai ikan Anda bisa menggantikan dengan kolam renang yang satu ini. Itulah beberapa bentuk desain kolam renang mini yang bisa digunakan. Anda juga bisa request desain kepada kami sebagai perushaaan kontraktor kolam renang. semoga bermanfaat.

Sumber gambar: Pinterest