Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Memilih Rice Cooker yang Bagus Berkualitas

Artikel ini akan menambah wawasan Anda dalam memilih rice cooker yang bagus dan berkualitas. Hal-hal dalam pemilihan diulas singkat dan padat. - UMNAR

Sepertinya saat ini sudah jarang dijumpai orang yang memasak nasi dengan tungku tradisional. Selain ribet karena harus menyalakan api dengan kayu bakar, tungku tradisional juga kurang efisien dari segi waktu.

Sehingga memunculkan pemasak nasi elektrik (rice cooker) yang mau tidak mau kemunculannya menjadi pilihan terbaik dan paling banyak diminati.

Rice cooker sebagai salah satu inovasi dalam dunia masak-memasak memang menjadi tren yang hampir tidak akan pernah surut. Berbagai fasilitas dan kemudahan yang disematkan oleh produsen pun kian bermunculan.

Membuat kita sebagai konsumen tergoda dan mau tidak mau harus mengikuti tren yang ada. Lalu bagaimana cara memilih rice cooker yang bagus dan berkualitas?

5 Tips memilih rice cooker yang bagus dan berkualitas dengan tepat

memilih rice cooker terbaik
Kiat memilih rice cooker terbaik

Rice cooker yang bagus dan berkualitas memiliki beberapa kriteria tertentu. Kualitas rice cooker sendiri sangat penting untuk diperhatikan karena yang akan berpengaruh terhadap hasil masakan nasi yang baik. 

Berikut ini tips memilih rice cooker yang bagus dan berkualitas.

Baca juga: Tips memilih kipas angin

1. Pilih rice cooker dengan fitur terbaik

Memilih rice cooker seperti halnya barang elektronik lainnya dalam pemilihannya perlu memperhatikan fitur/fasilitas yang tersedia. Begitu juga dengan pemilihan rice cooker, pilihlah rice cooker yang memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Banyak rice cooker dengan fitur yang kompleks namun jangan lupa agar tetap memperhatikan pembelian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengingat saat ini sudah banyak rice cooker yang memiliki fitur lebih lengkap seperti steam tray, quick cook, slow cook, keep warm dan delay timer logic smart. Akan tetapi tetaplah memilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena tentu saja fitur yang dibawa juga akan mempengaruhi harga yang ditawarkan.

2. Pilih rice cooker berdasarkan kapasitas yang tepat dengan kelengkapan aksesorisnya

Seperti halnya fitur pada rice cooker, pertimbangan memilih rice cooker berdasarkan kapasitas dan kelengkapan aksesorisnya juga cukup penting. Apabila Anda membutuhkan rice cooker yang akan Anda pakai di dapur rumah Anda, maka pilihlah rice cooker dengan kapasitas yang kecil atau sedang saja.

Sementara jika Anda mencari rice cooker untuk warung makan atau restoran Anda pilihlah rice cooker berkapasitas lebih besar/jumbo. Karena kita tahu bahwa kapasitas rice cooker juga akan mempengaruhi konsumsi listrik rumah Anda saat digunakan.

Pertimbangkanlah juga untuk memilih rice cooker dengan aksesoris yang lengkap. Aksesoris rice cooker berupa sendok plastik/spatula (centhong;jawa), gelas takaran beras dan panci untuk menanak nasi harus Anda perhatikan.

Misalnya pilihlah rice cooker dengan panci stainless steel yang awet dan anti karat. Atau rice cooker dengan spatula yang lebar dan kuat. Meskipun  begitu sebenarnya Anda tidak perlu repot karena memang biasanya aksesoris tersebut akan mengiringi fitur yang dibawa.

3. Pertimbangkan jenis tutup rice cookernya

Tutup rice cooker cukup penting dalam menunjang proses memasak nasi pada rice cooker Anda. Pilihlah rice cooker dengan bahan tutup yang awet dan bisa dilepas pasang agar mudah dibersihkan.

Selain itu juga pilihlah jenis tutup yang transparan yang saat ini sudah banyak di jual di pasaran. Tutup yang transparan akan memudahkan Anda dalam memonitor kondisi nasi Anda didalamnya.

4. Pilih rice cooker hemat daya listrik

Saat ini sudah banyak merk rice coker hemat listrik yang bisa menjadi pilhan Anda. Konsumsi listrik yang hemat sudah seharusnya menjadi prioritas Anda dalam memilih barang elektronik termasuk rice cooker ini.

5. Pertimbangkan merk dan harga

Tips terakhir dalam memlih rice cooker yang baik adalah dengan tetap mempertimbangkan merk dan harga. Pilihlah rice cooker dengan merk yang sudah banyak dipakai orang. Karena biasanya merk yang banyak dipakai orang adalah merk yang sudah teruji kualitasnya.

Selain itu jangan abaikan juga pemilihan rice cooker berdasarkan harga yang sesuai dengan budget Anda. Berprinsiplah bahwa harga tidak menjamin kualitas. Dan yang murah tidak selalu jelek. Jadi pilihlah rice cooker dengan mempertimbangkan merk dan harga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki saat ini.

Nah itulah 4 tips penting dalam memilih rice cooker yang bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat (rn).