Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merendam Pakaian yang Benar

Merendam pakaian terlalu lama tidak dianjurkan, sebaiknya ikuti prosedur dan aturan yang tertera pada pakaian, sebelum melakukan perendaman. – UMNAR

Tidak sedikit orang, terutama para ibu rumah tangga yang dalam mencuci pakaian tidak memperhatikan prosedur yang dianjurkan. Seperti misalnya pada saat merendam pakaian.

Sebagian besar mungkin hanya fokus pada tujuan perendaman pakaian, yang mana agar kotoran yang ada pada pakaian mudah dibersihkan. Namun apa jadinya jika perendamaan pakaian justru membuat pakaian menjadi berpotensi cepat rusak?

Kesalahan dalam melakukan perendaman pakaian biasanya terjadi pada durasi perendaman yang terlalu lama. Padahal merendam pakaian dalam durasi waktu yang terlalu lama akan membuat serat kain dan warnanya cepat luntur serta akan cepat usang.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk merendam pakaian atau misalnya jika dengan tambahaan pewangi, berapa lama idealnya waktu merendam pakaian dengan pewangi? Nah artikel kali ini, akan mengupas masalah tersebut.

3 Tips Merendam Pakaian agar Pakaian Tetap Awet

merendam pakaian
merendam pakaian

Berikut ini akan kami ulas tentang bagaimana tips perendaman pakaian yang benar agar tidak berdampak buruk terhadap pakaian.

1. Persipan Merendam

Sebelum eksekusi perendaman, pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenisnya terlebih dulu
Seperti disinggung di awal bahwa tujuan perendaman adalah untuk membantu melunturkan noda pakaian saat dicuci nantinya.

Oleh karenanya jika pakaian yang Anda cuci beragam seperti hem, kaos, jaket, atau celana jeans dan sebagainya sebaiknya pisahkan terlebih dahulu masing-masing jenis pakaian tersebut. Hal ini bertujuan agar perendaman yang Anda lakukan efektif.

Pisahkan juga pakaian yang menurut Anda paling kotor dan perlu waktu lebih lama untuk mencucinya. Jauhkan dari pakaian yang kotorannya ringan.

2. Larutkan pewangi favorit ke dalam air sebelum cucian

Beberapa kesalahan prosedur dalam perendaman pakaian yang sering terjadi adalah melarutkan cairan pewangi ke dalam air yang sudah terdapat setumpuk pakaian.

Padahal hal ini tidak dianjurkan karena cairan pewangi akan langsung mengenai serat kain dan akan menjadikan pakaian menyerap cairan pewangi secara berlebihan.

Yang dianjurkan ialah melarutkan cairan pewangi ke dalam seember/wadah air terlebih dahulu baru kemudian disusul dengan merendam pakaian kotor tersebut. 

3. Rendamlah pakaian selama maksimal 30 menit

Tujuan merendam pakaian selain agar kotoran mudah luntur juga karena mungkin Anda memiliki kesibukan yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Namun apapun yang Anda lakukan sembari menunggu perendaman pakaian agar siap cuci, hindari merendam pakaian lebih dari 30 menit.

Karena hal itu akan membuat pakaian cepat rusak dan serat kain akan mudah luntur. Jadi untuk selanjutnya hindarilah merendam pakaian yang akan Anda cuci terlalu lama.

Setelah melewati tahap perendaman diatas selanjutnya adalah melakukan pencucian seperti biasa. Namun yang harus Anda perhatikan dalam mencuci pakaian adalah bedakan antara bahan pakaian yang dianjurkan boleh dicuci dengan sikat dnegan yang tidak. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap masa pakai pakaian Anda.

Demikianlah ulasan tentang dampak merendam pakaian terlalu lama terhadap pakaian. Semoga ulasan ini berguna untuk Anda yang sering beraktivitas mencuci di rumah. Semoga bermanfaat (rn).