Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Terasi Enak Istimewa

Alasan utama UMNAR mengunggah tentang resep sambal terasi adalah karena masa lalu. Ya Admin memiliki kenangan tersendiri dengan sambal terasi. Wajar jika kemudian dipublikasi di sini.

Saya jelaskan sedikit apa itu terasi, sebelum sampai ke dalam pembahasan resep sambal terasinya. 

Lanjut..

Terasi adalah bahan makanan yang umum digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama dalam hidangan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Terasi juga dikenal dengan nama belacan atau terasi udang.

Terasi terbuat dari udang atau ikan yang difermentasikan dan diolah menjadi pasta atau blok kecil yang kaya akan aroma dan rasa. Proses fermentasi ini melibatkan perendaman udang atau ikan dalam garam dan kemudian dijemur atau difermentasikan selama beberapa minggu atau bulan, tergantung pada metode pembuatan yang digunakan.

Biasanya terasi memiliki warna yang pekat dan aroma yang kuat. Rasanya yang kaya dan gurih menjadi tambahan yang lezat dalam masakan. Terasi digunakan sebagai bumbu atau penyedap dalam berbagai hidangan seperti sambal, sup, tumis, dan hidangan laut. Dalam beberapa masakan Indonesia, terasi juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kuah seperti kuah asam atau kuah soto.

Meskipun terasi memiliki rasa yang khas dan memberikan sentuhan yang unik pada masakan, aroma yang kuat dari terasi dapat menjadi penghalang bagi beberapa orang yang tidak terbiasa dengan bahan makanan ini. 

Namun, terasi tetap menjadi bumbu yang populer dan penting dalam masakan Asia Tenggara karena memberikan dimensi rasa yang khas dan karakteristik khas bagi hidangan-hidangan tersebut.

Lanjut..

Di Indonesia sepertinya sudah menjadi stigma bahwa makan nasi tanpa sambal seperti masak sayur tanpa garam. Banyak orang yang ketagihan makan dibarengi dengan sambal. Aroma dan rasanya yang menggugah selera, membuatnya menjadi menu tambahan paling diburu. Sambal bisa membuat penikmatnya menjadi lahap dan selalu ingin menambah porsi makannya.

Resep sambal sendiri sudah sangat terkenal di bumi nusantara ini. Macam dan kreasi sambal yang bisa dihasilkan pun bermacam-macam. Sehingga setiap penikmat sambal bisa mencicipi sambal jenis apapun yang mereka suka.

Salah satu sambal yang biasa dibuat adalah sambal terasi. Resep sambal terasi hampir mirip dengan resep sambal tomat. Namun meski begitu, seringkali sambal terasi yang Anda nikmati terkadang membuat Anda bosan dengan aroma dan rasanya yang itu itu saja bukan?

Nah bagaimana cara membuat sambal terasi biasa yang Anda buat menjadi lebih istimewa? Coba contek resep sambal terasi berikut ini.

Resep Sambal Terasi Biasa jadi Lebih Istimewa

Resep sambal terasi
Resep sambal terasi

Untuk membuat sambal terasi, sama dengan cara membuat sambal lalapan yakni Anda tentu harus menyiapkan bahan dan alat yang akan Anda gunakan. Berikut bahan dan alat yang perlu Anda siapkan untuk membuat sambal terasi serta cara pembuatannya.

A. Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terasi terasa istimewa adalah sebagai berikut.

Cabe merah ukuran besar    : 3 buah/secukupnya

Cabe rawit            : 5 buah/secukupnya

Terasi             : 1 sdt

Garam            : ½ sdt

Gula            : ½ sdt

B. Alat

Adapun alat yang dipakai seperti halnya untuk membuat sambal jenis lainnya, yakni;

Pisau

Cobek

Ulekan

Talenan

Wadah/tampah

C. Cara membuatnya

Setelah Anda menyiapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara membuatnya. Berikut ulasannya:

Ambil terasi yang sudah siap masak, tumis diatas api kecil beberapa saat kemudian angkat dan sisihkan.

 Potong cabe yang sudah disiapkan dan ulek diatas cobek

Masukkan terasi, garam dan gula yang sudah siap ke dalam ulekan cabai. Haluskan sampai tercampur rata.

Selesai, sambal terasi Anda sudah siap disantap.

Mudah kan? Cobalah bikin sendiri. Ingat ya..membuatnya harus menggunakan hati. Biar siapapun yang menikmati merasakan kerja kerasmu. Agar yang menikmati juga sadar bahwa mengulek sambal dengan cara manual itu butuh perjuangan dan keringat.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat dan resep sambal terasi biasa menjadi lebih istimewa untuk Anda yang tergolong newbie untuk urusan dapur. Semoga bermanfaat. (rn/UN)