Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kolam Renang OverFlow?

Kolam renang overflow adalah kolam renang yang dibangun dengan konstruksi beton. Sirkulasi air kolam renang overflow terlihat adanya tumpahan / luberan / limpahan melalui salah satu / atau keseluruhan sisi dinding kolam renang tersebut.

Limpahan air kolam renang tersebut, lalu tertampung pada gutter [baca got] untuk selanjutnya diteruskan menuju bak penampungan atau balancing tank. Setelah melalui filter (proses filtrasi) air kolam renang dikembalikan masuk ke dalam bak kolam renang. Itulah penjelasan singkat tentang kolam renang overflow.

Pada prinsipnya sebuah kolam renang bisa mengaplikasikan sistem sirkulasi jenis overflow, apabila dalam area pembangunan kolam renang tersebut terdapat gutter dan ruang balancing tank. Tanpa adanya kedua bangunan tambahan tersebut, kita tidak bisa menerapkan sirkulasi overflow.

Apa sih Gutter itu?

Gutter bisa diartikan selokan / got. Selokan yang khusus dibangun sebagai media penampung air sementara agar air limpahan dari kolam renang bisa menuju ruang bak penampungan. Bangunan selokan ini umumya berada pada salah satu sisi dan atau mengelilingi sisi dinding kolam renang overflow di bagian luar.

Apa sih Balancing Tank itu?

Balancing tank bisa dikatakan bak penampungan. Merupakan bangunan yang dibuat khusus untuk bisa menampung limpahan air dari gutter, sebelum air tersebut diteruskan menuju filter kolam untuk melalui proses filtrasi.

Kelebihan kolam Overflow

kolam renang overflow selalu ada gutter
kolam renang overflow selalu ada gutter

UMNAR coba menjelaskan beberapa keuntungan memiliki kolam renang overflow. Kolam renang yang memiliki sistem sirkulasi overflow memiliki beberapa keuntungan diantaranya:

1. Kebersihan di area permukaan kolam lebih maksimal. Karena permukaan air kolam renang selalu bergerak mengalir menuju bibir kolam hingga melimpah ke luar kolam. Dengan begitu,  kotoran yang mengambang pada permukaan air akan terbawa ke luar kolam.

2. Menambah nilai estetika properti. Suara gemericik air yang ke luar juga akan mempengaruhi suasana di sekitar kolam renang.

3. Balancing Tank akan dapat menampung penambahan volume air kolam pada waktu curah hujan tinggi.

4. Kontrol volume air bisa lebih baik.

5. Penambahan chemical kolam renang tidak harus dilakukan di dalam kolam renang, karena dapat ditambahkan di ruang balancing tank.

6. Perawatan kolam menjadi lebih ringan pada area badan kolam.

7. Sirkulasi air kolam renang dan sistem filtrasi jauh lebih optimal.

Kekurangan Kolam Overflow

Selain memiliki banyak keunggulan, kolam renang overflow juga ada beberapa kekurangan. Kolam renang yang memiliki sistem sirkulasi overflow memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu:

1. Membutuhkan area lebih luas karena adanya kebutuhan pembangunan balancing tank.

2. Biaya pembangunan kolam renang relatif lebih mahal.

3. Membutuhkan waktu tambahan untuk membersihkan ruang balancing tank saat perawatan kolam.

4. Lebih rentan terjadi kebocoran pada area balancing tank dan saluran gutter kolam, apabila tidak dikerjakan oleh ahlinya.

5. Instalasi plumbing (sistem pemipaan ) atau pemasangan saluran sirkulasi lebih rumit, jika dibandingkan dengan kolam renang skimmer.

Contoh Desain Kolam Renang Overflow

Contoh Desain kolam renang overflow
Contoh Desain kolam renang overflow

Berikut dibawah ini adalah contoh kolam renang overflow milik salah satu client kami. Jika kita amati sekilas, bentuk dan desain kolam renang jenis overflow seperti ini memang terlihat lebih indah dan menarik.

Kolam renang overflow, sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang memiliki ketersediaan lahan. Jenis kolam renang ini sangat applicable untuk diterapkan di rumah. Baik untuk indoor maupun outdoor. Kolam renang overflow ini diyakini bisa menambah nilai properti Anda.

Biaya pembuatan kolam renang Overflow

Anggaran biaya yang diperlukan dalam membangun kolam renang, pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa hal.

Diantaranya yaitu:

1. Lokasi dan Ukuran Kolam Renang.

Jika lokasinya tidak merepotkan pekerja, tentu lokasi tidak akan berdampak terhadap biaya jasa pembuatan kolam renang tersebut.

Namun, apabila lokasi yang akan di bangun kolam renang tergolong sulit, biasanya para kontraktor kolam renang akan menghitung dengan cara yang berbeda.

Ukuran jasa pembuatan kolam renang overflow pada umumnya diperhitungkan berdasarkan satuan ukur Panjang X Lebar X Kedalaman Kolam.

2. Sistim Sirkulasi kolam renang

Sistem sirkulasi kolam renang menjadi bagian yang mempengaruhi perhitungan biaya jasa pembangunan kolam renang.

Seperti apa yang sudah kami ulas di atas. Ada 3 sistim sirkulasi kolam renang yang populer, yaitu:

  • Sistim Sirkulasi Skimmer: Dengan sistim sirkulasi ini, air kolam renang tidak terlihat tumpah, tetap di dalam dinding kolam renang, sehingga level diding kolam dibuat lebih tinggi.
  • Sistem Sirkulasi Semi Overflow: Kolam renang yang menggunakan sistim ini, mengkondisikan air kolam renang tumpah ke luar di bagian tertentu. Dengan sistim ini diperlukan bangunan tambahan yaitu gutter (saluran yang menampung limpahan air kolam), balancing tank dan ruang mesin.
  • Sistem Sirkulasi Full Overflow: Dengan sistem ini, air kolam renang dibuat tumpah di seluruh bagian. Sama halnya sistem semi overflow, jika Anda menggunakan sistim sirkulasi ini, maka akan dibutuhkan juga gutter sebagai area yang mampu menampung limpahan air yang kemudian di salurkan ke ruang balancing tank, melalui filterisasi, kemudian air kembali dialirkan ke dalam kolam renang.

Dengan sedikit pengulangan ini, Semoga Anda semakin paham perbedaan masing-masing sistem sirkulasi kolam renang.

Selain lokasi, ukuran kolam renang dan sistim sirkulasi, hal lainnya yang juga bisa mempengaruhi biaya pembangunan kolam renang yaitu:

3. Mesin Pompa dan Filter kolam renang yang di gunakan

Merek pompa dan filter kolam renang sangat berpengaruh terhadap anggaran biaya pembuatan kolam renang.

Banyak sekali merk mesin kolam renang yang sudah beredar dipasaran, seperti hayward, waterco, Dub dan lain sebagainya. Menurut data kami, masing masing merek tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun harganya sedikit di atas merek lain, untuk urusan pompa kolam renang kami lebih memilih hayward.

Alasannya simpel. Selain kualitas okay, layanan purna jualnya jelas. Mudah untuk mendapatkan sparepart. Tidak pusing dengan urusan inden.

Alasan tersebut, seharusnya bisa menjadi masukkan yang bagus buat merek lainnya.

Anyway...

Dengan tiga poin tersebut diatas kita bisa memperkirakan anggaran biaya pembuatan kolam renang kita.

Berikut di bawah ini adalah rincian harga dan biaya pembangunan kolam renang overflow. Harga dan rincian biaya ini, berkalu untuk semua jenis pembangunan kolam renang. Baik itu pembangunan kolam renang pribadi, kolam renang umum, kolam renang hotel, villa, apartemen, waterboom, waterpark.

Harga dan biaya pembuatan kolam renang overflow per meter

Berikut harga pembuatan kolam renang overflow per m2 dengan spesifikasi material dan penawaran terbai dari kami.

*** Rp. 4 Jt / m2
SEMI Overflow 
Rp. 4,2 Jt / m2
FULL Overflow
Spek pembangunan kolam renang semi overflowSpek pembangunan kolam renang full overflow
Konstruksi K-300, kolom balok, sloofKonstruksi K-300, kolom balok, sloof
Beton lantai kerja tebal 10 CMBeton lantai kerja tebal 10 CM
Gelaran besi rangkap 2, jarak anyam 15 CMGelaran besi rangkap 2, jarak anyam 15 CM
Cor beton bertulang tebal lantai 20, dinding 17 CMCor beton bertulang tebal lantai 20, dinding 17 CM
Waterproofing 3 lapisWaterproofing 3 lapis
Instalasi pipa PVC standar AWInstalasi pipa PVC standar AW
Finishing mosaic kuda lautFinishing mosaic kuda laut
Finishing bibir kolam batu Andesit / paras Jogja 30×60 tebal standar 2 CMFinishing bibir kolam batu Andesit / paras Jogja 30×60 tebal standar 2 CM
Peralatan dan aksesoris menggunakan HaywardPeralatan dan aksesoris menggunakan Hayward
*** Termasuk
pembuatan gutter, ruang mesin dan ruang balancing tank
*** Termasuk
pembuatan gutter, ruang mesin dan ruang balancing tank
Finishing ruang mesin dan ruang balancing tank menggunakan keramik standar Roman ukuran 20x20cmFinishing ruang mesin dan ruang balancing tank menggunakan keramik standar Roman ukuran 20x20cm
*** Termasuk
galian dan buangan tanah
*** Termasuk
galian dan buangan tanah
*** Termasuk
pengisian air tanki
*** Termasuk
pengisian air tanki
*** Termasuk
water treatment
*** Termasuk
water treatment
BONUS +++BONUS +++
Gratis survey lokasi dan pembuatan desainGratis survey lokasi dan pembuatan desain
Modul perawatan air kolam renangModul perawatan air kolam renang
Modul pengoperasian
pompa dan filter
Modul pengoperasian
pompa dan filter
Lampu LED 3 bhLampu LED 3 bh
Tangga kolam renang dan tutup ruang mesin stainless steel grade 304 (Merek DIMULTI)Tangga kolam renang dan tutup ruang mesin stainless steel grade 304 (Merek DIMULTI)
NOTE:NOTE:
Harga di atas untuk wilayah JABODETABEKHarga di atas untuk wilayah JABODETABEK
Di luar wilayah tersebut, ada tambahan biaya akomodasi & transportasiDi luar wilayah tersebut, ada tambahan biaya akomodasi & transportasi
*** Garansi
kebocoran 10 tahun dan garansi mesin 1 tahun
*** Garansi
kebocoran 10 tahun dan garansi mesin 1 tahun

Sebagai perusahaan kontraktor kolam renang kami siap membantu pembangunan, renovasi, perbaikan, instalasi kolam renang Anda.

Thank you 🙂