Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengusir Semut

Cara praktis untuk mengatasi atau mengusir semut kadang sangat dibutuhkan. Terlebih jika semut tersebut hadir dalam jumlah yang sangat banyak, dan mulai mengganggu. Artikel ini memberikan beberapa alternatif cara mengusir semut dari rumah. - UMNAR

Melihat segerombolan semut yang berderet-deret di rumah Anda tentu hal yang sangat menjengkelkan. Terlebih jika semut-semut tersebut berkerumun di ruangan pribadi Anda. Seperti misalnya di ruang keluarga dan tempat tidur, alih-alih ingin tidur nyaman justru malah dikerumuni semut.

Kondisi lain yang menjengkelkan terutama bagi para ibu adalah jika semut-semut tersebut justru mengerumuni makanan yang terhidang di meja makan keluarga.

Alhasil sajian yang dihidangkan menjadi kurang menggugah selera karena segerombolan semut tersebut. Nah bagaimana cara mengatasi atau mengusir semut di rumah dengan mudah? Berikut ulasannya.

5 cara mengatasi / mengusir semut di rumah tanpa ribet

mengusir semut dengan mudah
mengusir semut dengan mudah

Cara mengatasi semut dalam hal ini lebih kepada cara mengusir semut agar tidak datang lagi. Dan  dengan melakukan beberapa hal seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini semoga rumah Anda terbebas dari serangan semut.

1. Jagalah kebersihan ruangan, hindarkan dari serpihan makanan atau snack

Lakukan pembersihan setiap ruangan khususnya bagian meja setelah dipakai untuk gelaran makan. Jangan biarkan snack dan makanan yang jatuh di lantai tergeletak begitu saja karena hanya akan memancing datangnya semut. Bersihkan dengan kemoci meja atau sapu biasa untuk lantai.

Dengan selalu menjaga kebersihan ruangan dari sisa-sisa makan atau snack yang menjadi favorit semut tentu ruangan akan terhindar dari kerumunan semut. Hal ini juga efektif sebagai cara membasmi semut tanah dengan mengutamakan kebersihan lantai semut tanah tidak akan singgah di rumah Anda.

2. Gunakan kapur anti semut untuk mengusir semut and “the gank”

Memanfaatkan kapur anti semut sangat penting jika Anda tidak ingin ruangan Anda dipenuhi semut. Aplikasikan kapur anti semut pada area meja atau kaki meja di ruangan Anda sehingga semut tidak akan berani mendekat lagi.

Kapur anti semut sangat mudah didapatkan di warung atau toko-toko terdekat dengan harga terjangkau.

Selain itu Anda juga bisa mengaplikasikan kapur anti semut pada lantai ruangan yang menurut Anda rawan menjadi jalur lewat segerombolan semut. Dengan begitu ruangan Anda setidaknya akan terbebas dari semut.

3. Manfaatkan garam dapur untuk mengusir semut

Siapa sangka ternyata garam dapur bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Adapun caranya ialah dengan melarutkan garam ke dalam setengah gelas air kemudian diaduk hingga rata.

Kemudian larutan garam tersebut bisa Anda semprotkan pada kerumunan semut yang ada di rumah Anda. Atau jika Anda tidak ingin membunuh semut-semut tersebut dengan cara demikian Anda bisa menyemprotkan larutan garam pada jalur yang sering dilewati semut-semut tersebut.

4. Bedak bayi untuk mengusir semut

Cara mengatasi semut yang ke empat adalah dengan memanfaatkan bedak bayi. Jika Anda memiliki bayi di rumah tentu tersedia bedak, jikapun tidak Anda bisa membelinya di warung/toko-toko terdekat guna mengusir semut yang ada di rumah Anda.

Perlu Anda ketahui meskipun bedak bayi beraroma harum ternyata bedak bayi tidak disukai oleh semut. Sehingga dengan demikian Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut dari rumah Anda.

Caranya adalah dengan menaburkan bubuk bedak bayi pada jalur lewat semut. Sehingga semut akan menghindari melewati jalur tersebut dan ruangan Anda terbebas dari semut.

5.  Gunakan cuka untuk mengusir gerombolan semut

Cara mengatasi semut di rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka. Cuka sangat populer sebagai salah satu bahan penyedap makanan yang bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi berbagai permasalahan di dapur.

Seperti cara membersihkan panci yang gosong, menghilangkan noda pada pakaian putih dan lain lain. Nah ternyata cuka juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut di rumah Anda.

Caranya sama dengan aplikasi larutan garam yakni dengan menyemprotkan cairan cuka diatas jalur yang sering dilalui semut. Dengan demikian semut tidak akan berani lagi mendekat ruangan rumah Anda.

Demikianlah cara mengatasi semut di rumah dengan mudah yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat! (rn)